Skip to main content

Attendance Verification

Definisi

Menu Attendance Verification digunakan untuk memverifikasi kehadiran atau mencocokan antara kehadiran actual dengan kehadiran fingerprint. Selain itu, menu ini juga digunakan untuk memvalidasi kehadiran apakah jam absensi yang dilakukan karyawan sudah benar.

info

Manajemen Kehadiran bertujuan untuk mengatur jadwal kehadiran sekelompok employee berdasarkan kelompok/unit kerja yang ada di masing-masing departemen di suatu SITE. Dalam satu departemen, mungkin terdapat dua kelompok kerja yang berbeda jadwal kerja, hal ini sering terjadi di Departemen Produksi. Proses Manajemen Kehadiran terdiri dari langkah-langkah berikut:

  • Attendance Group
  • Employee's Working Schedule Amendment
  • Employee Attendance Log (import data via Excel template)
  • Attendance Verification

Letak Menu

Modul → Time Management → Working Schedule Management → Attendance Log

Panduan Penggunaan

  1. Klik Insert untuk memulai transaksi pada menu ini.

    \

warning

Field warna merah wajib diisi

Nama FieldKeterangan
Document#Document# adalah nomor dokumen yang akan otomatis terisi oleh sistem setelah dokumen di save.
DateDate adalah tanggal pembuatan dokumen.
SiteSite adalah lokasi karyawan bekerja yang akan di proses verifikasi kehadirannya.
DepartmentDepartment adalah nama departemen karyawan yang akan di proses verifikasi kehadirannya.
Attendance GroupAttendance group adalah nama grup jadwal kerja karyawan yang akan di proses verifikasi keharidannya.
PeriodPeriod adalah periode waktu tahun dan bulan kehadiran karyawan yang akan di proses verifikasi kehadirannya.
Start DateStart date adalah tanggal mulai periode waktu kehadiran karyawan yang akan di proses verifikasi kehadirannya.
End DateEnd date adalah tanggal akhir periode waktu kehadiran karyawan yang akan di proses verifikasi kehadirannya.
RemarkRemark adalah kolom keterangan/informasi tambahan.
  1. Jika header sudah di isi maka selanjutnya klik Refresh untuk merefresh data.
Nama FieldKeterangan
NoNo untuk melihat baris row data absensi karyawan.
CheckCheck adalah alat bantu user yang melakukan verifikasi kehadiran karyawan sebagai penanda verifikasi sampai baris mana.
DateDate adalah tanggal harian jadwal kerja dan absensi yang akan di verifikasi.
EmployeeEmployee adalah nama karyawan yang log absensinya akan di verifikasi.
DepartmentDepartment adalah nama departemen karyawan yang log absensinya akan di verifikasi.
Attendance Log InAttendance log in adalah log absensi kedatangan karyawan yang diambil dari fingerprint, otomatis terisi setelah klik ikon Refresh.
Attendance Log OutAttendance Log Out adalah log absensi waktu pulang karyawan yang diambil dari fingerprint, otomatis terisi setelah klik ikon Refresh. Attendance log out.
Working Schedule InWorking schedule in adalah jadwal masuk kerja karyawan yang telah dibuat sebelumnya, otomatis terisi setelah klik ikon Refresh.
Working Schedule OutWorking schedule out adalah jadwal pulang kerja karyawan yang telah dibuat sebelumnya, otomatis terisi setelah klik ikon Refresh.
Attendance Vs Working ScheduleAttendance vs working schedule adalah selisih waktu antara attendance log dan working schedule.
Actual (Input) InActual (input) in adalah jam masuk aktual karyawan, default akan mengikuti attendance log dari fingerprint, namun dapat di edit untuk verifikasi kedatangan aktual.
Actual (Input) OutActual (input) out adalah jam keluar/pulang aktual karyawan, default akan mengikuti attendance log dari fingerprint, namun dapat di edit untuk verifikasi jam keluar aktual.
Actual Date InActual date in adalah tanggal masuk kerja aktual yang akan diverifikasi, otomatis terisi setelah klik ikon Refresh.
Actual Time InActual time in adalah jam masuk aktual karyawan, akan terisi otomatis sesuai dengan kolom actual in (bisa dari log asli atau actual in manual).
Actual Date OutActual date out adalah tanggal keluar/pulang kerja aktual sesuai log yang akan diverifikasi, otomatis terisi setelah klik ikon Refresh.
Actual Time OutActual time out adalah jam keluar/pulang aktual karyawan, akan terisi otomatis sesuai dengan kolom actual out (bisa dari log asli atau actual time out manual).
InfoInfo adalah keterangan yang akan muncul otomatis jika terdapat informasi tambahan.
RemarkRemark adalah adalah kolom keterangan/informasi tambahan.
OT#OT# adalah nomor dokumen overtime yang akan otomatis terisi ketika verifikasi attendance.
  1. Untuk edit data/dokumen verifikasi attendance yang sudah tersimpan. Klik Find. Kemudian klik fitur Refresh untuk menampilkan data/dokumen yang sudah dibuat.
Nama FieldKeterangan
Document#Document# berguna sebagai filter pencarian berdasarkan nomor dokumen.
DateDate berguna sebagai filter pencarian berdasarkan tanggal.
SiteSite berguna sebagai filter pencarian dokumen berdasarkan sit atau lokasi karyawan bekerja.


Keterangan kolom header :

Nama FieldKeterangan
NoNomor urut.
Document#Kolom ini menampilkan nomor dokumen transaksi yang telah dibuat.
DateTanggal harian jadwal kerja dan absensi yang telah diverifikasi.
CancelKolom checkbox yang menampilkan keterangan jika dokumen transaksi telah di cancel.
DepartmentNama departemen karyawan yang diverifikasi kehadirannya.
Attendance GroupKolom ini menampilkan nama group jadwal kerja karyawan yang diverifikasi kehadirannya.
SiteCabang/lokasi kerja karyawan yang diverifikasi kehadirannya.
Start DateTanggal mulai periode waktu kehadiran karyawan yang diverifikasi.
End DateTanggal berakhir periode waktu kehadiran karyawan yang diverifikasi.
Created ByKolom ini menampilkan siapa user yang input master data ke system.
Created DateKolom ini menampilkan tanggal pembuatan atau tanggal input master data.
Last Update ByKolom ini menampilkan siapa user yang terakhir kali update atau edit data.
Last Update DateKolom ini menampilkan tanggal pembuatan atau tanggal input master data.
Last Update TimeKolom ini menampilkan waktu (jam) master data di update atau edit.