Skip to main content

Customer's Quotation

Definisi

Menu Customer's Quotation digunakan untuk menginput harga penawaran barang dan jasa ke Customer. Setiap terdapat perubahan harga item barang/jasa maka perlu update dengan cara membuat dokumen baru sehingga secara historis, informasi lama masih tersimpan.

info

Customer Quotation terkoneksi dengan Item's Price. Pada menu ini terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum penawaran mencapai kata sepakat. Di antaranya adalah mata uang harga jual item, termin pembayaran, alamat kirim, metode kirim, diskon, dsb.

Letak Menu

Transaction → Sales Distribution → Customer's Quotation

Panduan Penggunaan

  1. Klik Insert kemudian isi data, field berwarna merah wajib diisi


    Menu Customer's Quotation

    \

  2. Informasi pada HEADER yang dibutuhkan dalam pengisian transaksi Customer's Quotation adalah sebagai berikut:

Nama FieldKeterangan
Document#Nomor dokumen yang terisi otomatis ketika transaksi telah dilakukan
DateTanggal pembuatan dokumen
CustomerNama pelanggan
Customer Contact PersonKontak pelanggan
Sales personTim penjualan yang bertanggung jawab
Quotation start dateTanggal mulai berlakunya Quotation
ForJangka waktu berlakunya Quotation
Term of PaymentJangka waktu pembayaran
CurrencyMata uang
Credit limitBatas kredit
Shipping methodMetode pengantaran
Customer Ring AreaBatas wilayah pelanggan
Sales TargetTarget per sales person
Minimum deliveryJumlah minimal untuk pengiriman
Goods ReturnBatas waktu pengembalian barang dari Customer (dalam hari)
Warehouse Capacitykapasitas gudang penyimpanan
Replacement's QuotationQuotation pengganti
RemarkKeterangan transaksi (jika ada)


3. Klik ikon kaca pembesar pada Item's Code (muncul window List of Item) → Refresh → Pilih Item yang akan dibuat Quotationnya → Choose


4. Isikan diskon (jika ada) dan keterangan di kolom remark 5. Klik ikon kaca pembesar pada City (muncul window List of City) → Refresh → Pilih Kota → Choose 6. Isikan remark (keterangan dokumen), lalu klik SAVE.