Sales Order
Definisi
Menu Sales Order digunakan untuk membuat dokumen Sales Order (kontrak penjualan. Sales Order (kontrak penjualan) mencakup rincian produk, jumlah, harga, dan syarat pembayaran antara perusahaan dan pelanggan.
Letak Menu
Transaction → Sales Distribution → Sales Order
Panduan Penggunaan
- Klik Transaction → Sales Distribution → Sales Order
- Klik Insert kemudian isi data, field berwarna merah wajib diisi
- Informasi pada HEADER yang dibutuhkan dalam pengisian transaksi Sales Order adalah sebagai berikut:
Nama Field | Keterangan |
---|---|
Document# | nomor dokumen yang terisi otomatis ketika transaksi telah dilakukan. |
Date | tanggal pembuatan dokumen |
Status | menunjukkan status dokumen (outstanding/fulfilled) |
Local Document Amount | Jumlah kontrak penjualan (terisi otomatis dari bagian details) |
Customer | Nama pelanggan |
Contact Person | Kontak Pelanggan |
Customer's PO# | Keterangan nomor dokumen PO (opsional) |
Customer's Quotation | Dokumen quotation pelanggan |
Sales Person | Pihak sales yang bertanggung jawab |
Shipping Method | Metode pengiriman barang |
City | Kota alamat pengiriman |
Shipping Name | Nama penerima pengiriman barang |
4. Isikan terlebih dahulu di bagian Tab Customer, Isikan field Customer, Contac person, Customer quotation, Sales Person dan Shipping Method.
5. Klik ikon kaca pembesar pada Item's Name (muncul window Item's Informations) → klik ikon kaca pembesar Item's Code (muncul window List of Item) → Pilih Item yang akan dijual → Choose.
6. Pilih Packaging UoM dan isikan jumlah barang yang ingin dikirim ke Customer di field Packaging Quantity. Lalu isikan pajak (opsional), delivery date, dan remark (keterangan transaksi). Kemudian klik "Add".
7. Pastikan semua field yang diperlukan sudah diisi, lalu klik SAVE.