Customer's Quotation
Definisi
Menu Customer's Quotation digunakan untuk menginput harga penawaran barang dan jasa ke Customer. Setiap terdapat perubahan harga item barang/jasa maka perlu update dengan cara membuat dokumen baru sehingga secara historis, informasi lama masih tersimpan.
Customer Quotation terkoneksi dengan Item's Price. Pada menu ini terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum penawaran mencapai kata sepakat. Di antaranya adalah mata uang harga jual item, termin pembayaran, alamat kirim, metode kirim, diskon, dsb.
Letak Menu
Transaction → Sales Distribution → Customer's Quotation
Panduan Penggunaan
-
Klik Insert kemudian isi data, field berwarna merah wajib diisi
\
-
Informasi pada HEADER yang dibutuhkan dalam pengisian transaksi Customer's Quotation adalah sebagai berikut:
Nama Field | Keterangan |
---|---|
Document# | Nomor dokumen yang terisi otomatis ketika transaksi telah dilakukan |
Date | Tanggal pembuatan dokumen |
Customer | Nama pelanggan |
Customer Contact Person | Kontak pelanggan |
Sales person | Tim penjualan yang bertanggung jawab |
Quotation start date | Tanggal mulai berlakunya Quotation |
For | Jangka waktu berlakunya Quotation |
Term of Payment | Jangka waktu pembayaran |
Currency | Mata uang |
Credit limit | Batas kredit |
Shipping method | Metode pengantaran |
Customer Ring Area | Batas wilayah pelanggan |
Sales Target | Target per sales person |
Minimum delivery | Jumlah minimal untuk pengiriman |
Goods Return | Batas waktu pengembalian barang dari Customer (dalam hari) |
Warehouse Capacity | kapasitas gudang penyimpanan |
Replacement's Quotation | Quotation pengganti |
Remark | Keterangan transaksi (jika ada) |
3. Klik ikon kaca pembesar pada Item's Code (muncul window List of Item) → Refresh → Pilih Item yang akan dibuat Quotationnya → Choose
4. Isikan diskon (jika ada) dan keterangan di kolom remark
5. Klik ikon kaca pembesar pada City (muncul window List of City) → Refresh → Pilih Kota → Choose
6. Isikan remark (keterangan dokumen), lalu klik SAVE.